Scroll to top
en id

Miles Films

TENTANG MILES FILMS

Miles Films, didirikan pada Maret 1995, adalah perusahaan rumah produksi yang dijalankan oleh Mira Lesmana (Founder & Chief Executive Officer), Riri Riza (Creative Director), dan Toto Prasetyanto (Chief Operational Officer).

Rumah produksi independen ini telah memproduksi sejumlah film yang berhasil mendulang kesuksesan, baik di tanah air maupun di kancah perfilman dunia. Produksi pertamanya adalah serial dokudrama ANAK SERIBU PULAU yang disiarkan di semua stasiun televisi swasta Indonesia pada 1996 dan banyak menuai pujian.

Miles Films kemudian mendobrak kelesuan perfilman Indonesia dengan film-film box office legendaris, PETUALANGAN SHERINA (2000) dan ADA APA DENGAN CINTA? (2002). Hingga kini, 2 film layar lebar produksi Miles Films menduduki posisi 10 besar film Indonesia terlaris sepanjang masa: LASKAR PELANGI (2008) dan ADA APA DENGAN CINTA 2 (2016). Sementara, 2 film meraih penghargaan Piala Citra untuk Film Terbaik FFI, yaitu GIE (2005) dan ATHIRAH (2016).

Hampir semua film karya Miles Films telah ditayangkan, bahkan sempat berkompetisi, di arena festival film internasional seperti di Berlinale, Tokyo, Rotterdam, London, Busan dan juga Melbourne. Pada 2016, film ATHIRAH tayang perdana di Vancouver International Film Festival. KADO (2018), film pendek produksi Miles Films, karya sutradara berbakat Aditya Ahmad memenangkan Film Pendek Terbaik dalam kategori Orizzonti di ajang bergengsi Festival Film Internasional Venesia ke-75.

Film panjang produksi terbaru Miles Films, HUMBA DREAMS (2019), berhasil meraih Piala Citra FFI 2020 untuk kategori Penata Musik Terbaik. Saat ini, Miles Films sedang mempersiapkan beragam proyek, di antaranya adalah PARANOIA, PETUALANGAN SHERINA 2, dan PETUALANGAN SHERINA ANIMASI.