Scroll to top
en id

Creative Director

CREATIVE DIRECTOR – RIRI RIZA

Bersama Miles Films, Riri Riza menyutradarai film panjang pertamanya, PETUALANGAN SHERINA, pada tahun 2000. Film ini sukses di box office dan menjadi film keluarga legendaris Indonesia. Dua tahun kemudian, ia menulis dan menyutradarai ELIANA, ELIANA (2002) yang meraih penghargaan Young Cinema Award dan Netpac/Fipresci Awards di Singapore International Film Festival.

Riri kemudian bergabung dalam jajaran Direksi Miles Films pada 2003. Sejak saat itu, Riri Riza juga berperan sebagai Creative Director di Miles dan menghasilkan film-film dengan beragam prestasi.

Sebagai sutradara, Riri Riza memiliki kecermatan dalam mengolah cerita dan film dengan skala produksi besar maupun dalam produksi yang lebih intim. Untuk ini, ia telah meraih lebih dari 15 penghargaan internasional melalui film seperti GIE (2005), 3 HARI UNTUK SELAMANYA (2007), LASKAR PELANGI (2008), ATAMBUA 39°CELSIUS (2012), dan SOKOLA RIMBA (2013).

Pada 2016, ATHIRAH, sebuah film dengan latar belakang tanah kelahirannya Sulawesi Selatan, berhasil memboyong 6 Piala Citra FFI, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Pada tahun yang sama, ADA APA DENGAN CINTA 2 menjadi box office hits sekaligus terpilih menjadi film pembuka pada Focus on Asia – Fukuoka International Film Festival 2016, yang membuktikan kepiawaian Riri menghasilkan film yang dicintai penonton juga diminati pengamat film.

Riri Riza meraih gelar Master untuk penulisan skenario film di Inggris pada tahun 2001. Ia juga menulis skenario film GIE (2005), SOKOLA RIMBA (2013), dan film terbarunya, HUMBA DREAMS (2019).

Kecintaannya pada medium film, kepekaannya terhadap berbagai isu budaya dan kemanusiaan memberi warna khas pada film-film produksi Miles.