Mira Lesmana

Mira Lesmana mendirikan rumah produksi MILES FILMS pada tahun 1995 berbekal 8 tahun pengalaman di dunia periklanan. Namanya kemudian dikenal saat memproduksi serial dokudrama Anak Seribu Pulau yang disiarkan di semua stasiun TV swasta Indonesia. Mira adalah penggerak dari film omnibus independen pertama Indonesia KULDESAK pada tahun 1998. Saat kemudian fokus menjadi produser film layar lebar Ia membangkitkan kembali minat masyarakat Indonesia untuk menonton film dengan karyanya Petualangan Sherina (2000) dan Ada Apa Dengan Cinta? (2002) yang kembali menghadirkan film lokal dalam jajaran film box office di Indonesia.

Mira meraih gelar S1 dengan mayor produser film di IKJ pada tahun 2001. Film-film yang diproduserinya kaya akan keragaman, antara lain Eliana, Eliana (2002), Gie (2005), Garasi (2006), dan 3 Hari Untuk Selamanya (2007). Karya-karyanya tersebut meraih penghargaan di berbagai festival film, baik di Singapura, Iran, Vancouver hingga Belgia, bahkan ada yang terpilih sebagai film terbaik di Festival Film Indonesia. Film Laskar Pelangi (2008) yang diadaptasi dari novel Andrea Hirata menjadi film terlaris Indonesia sepanjang masa pada tahun 2008. Laskar Pelangi juga terseleksi pada program bergengsi Panorama di Berlinale 2009. Film Pendekar Tongkat Emas (2014) adalah karya film drama aksi yang mendapat dukungan pendanaan internasional dari BackUp Media. Selain sebagai produser, Mira Lesmana juga adalah penulis lebih dari seratus lirik lagu dan turut menulis skenario untuk film-filmnya seperti Ada Apa Dengan Cinta? (2002), Sang Pemimpi (2009) serta Ada Apa Dengan Cinta? 2 (2016). Salah satu film terbarunya Athirah (2016) memenangkan 6 piala Citra pada Festival Film Indonesia, termasuk Film Terbaik.

Dikenal dekat dengan kalangan muda, Mira kemudian memproduksi karya sutradara berbakat Aditya Ahmad berjudul KADO, yang memenangkan penghargaan film pendek terbaik pada Venice International Film Festival Italia ke-75 di tahun 2018.

Hingga saat ini tercatat sudah 16 film layar lebar dan sekian banyak film pendek lahir dari tangan dingin Mira Lesmana.